ZOE Production

Nama alamat nomor telephone dan Whatsupp

Tuesday, January 19, 2016

CONTOH IKLAN ATAU ADVERTISING DAN CARA MEMBUATNYA

Iklan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produknya baik berupa barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Cara penyampaian iklanpun beraneka ragam bisa melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet, spanduk, billboard dan lain sebagainya yang bersifat statis atau diam. Bisa juga melalui media audio seperti radio, kaset, cd dan sebagainya yang hanya terdiri dari suara tanpa visualisasi gambar. Yang paling banyak memberi pengaruh kepada konsumen adalah iklan yang disampaikan berupa audio visual yaitu melalui media televisi, internet, billboard elektronik dan sebagainya yang menampilkan gambar dan suara dalam penayangan iklannya.



billboard


Adapun tujuan dibuatnya iklan baik melalui media cetak maupun elektronika secara garis besar dapat disimpulkan sebagai berikut :


Memberikan informasi kepada masyarakan akan suatu produk barang maupun jasa.
Dengan menyaksikan iklan diharapkan masyarakat tertarik untuk membeli/menggunakan produk tersebut.
Memberikan pengaruh yang kuat kepada masyarakat untuk memilih produk tersebut dibanding produk lainnya yang sejenis.
Dalam membuat sebuah iklan hal-hal yang perlu menjadi perhatian adalah sebagai berikut :


Gunakan kalimat yang singkat, jelas dan tidak bertele-tele
Bahasa yang digunakan mudah dimengerti oleh konsumen yang hendak dituju, bila perlu menggunakan bahasa daerah bila pangsa pasarnya adalah masyarakat di daerah tertentu.
Gunakan huruf serta gambar yang menarik perhatian dan tidak membosankan untuk dilihat dan dibaca.
Untuk iklan yang berupa audio visual tampilkan sesuatu yang menarik untuk dilihat, bila menggunakan model tentunya orang akan tertarik melihat model yang cantik atau ganteng dalam iklan tersebut.
Banyak orang yang tertarik dengan sebuah iklan yang lucu, inipun bisa menjadi alternatif dalam menarik perhatian namun tetap disesuaikan dengan materi dan produk yang diiklankan apakah sesuai dengan model iklan lucu.
Buatlah slogan yang khusus untuk produk Anda yang mudah diingat orang seperti : just do it untuk merek sepatu Nike, atau touching your heart untuk iklan motor Yamaha dan sebagainya.
Dalam ilmu ekonomi dikenal dengan AIDAS (Attention, Interesting, Desire, Action dan Satisfaction) sebagai ilustrasi dapat digambarkan penjual es kemong yang menggunakan semacam gong kecil yang digantung pada lengan gerobak dorongnya. Dengan memukul-mukul gong tersebut orang akan memperhatikan (Attention) setelah memperhatikan tentunya orang akan tertarik (Interesting) setelah tertarik selanjutnya ada keinginan (Desire) untuk membeli es kemong tersebut (Action). Yang paling utama adalah setelah orang membeli dan merasakan es tersebut ia merasa puas (Satisfaction) sehingga dengan demikian selanjutnya ia akan menjadi pelanggan tetap dan merekomendasikan es koemong tersebut kepada teman maupun kerabatnya karena rasanya enak dan harganya murah. Hal ini dapat Anda terapkan pada produk barang maupun jasa bahwa kepuasan pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha.

Demikian informasi mengenai Contoh Iklan atau Advertising dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat untuk Anda

No comments:

Post a Comment

Copyright zOe Production. Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *

Lighting, editing