ZOE Production

Nama alamat nomor telephone dan Whatsupp

Saturday, July 18, 2015

Mengenal Kelebihan kamera Mirrorless dan perbandingannya dengan DSLR

Teknologi kamera Mirrorless baru dihadirkan sejak sekitar beberapa tahun yang lalu, yakni 2008. Namun tampaknya alat fotografi dan videografi ini mulai banyak diminati khalayak ramai. Perancangan Mirrorless dilakukan karena tuntutan kebutuhan peralatan fotografi dan videografi yang memiliki kualitas bagus, namun tetap dengan desain bentuk yang simple dan mini. Selama ini banyak orang yang enggan menggunakan kamera DSLR karena bentuknya yang cukup besar dan beratnya yang agak membuat risih.
Sekecil-kecilnya kamera DSLR, tetap saja lebih besar dibandingkan dengan kamera jenis lain. Kamera Mirrorless bernama lengkap Mirrorless Interchangeable-Lens Camera atau MILC). Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan “Kamera tanpa cermin dengan lensa yang bisa diganti-ganti”. Beberapa pengamat fotografi juga lebih suka menyebut kamera Mirrorless dengan nama Compact Camera System atau ada juga yang menyebut Electronics Viewfinder with Interchangeable Lens (EVIL). Dan yang menjadi pertanyaan, apa saja kelebihan kamera Mirrorless ini? Berikut kami ulas selengkapnya:

Desain
Desain, ukuran dan bobotnya yang ringan adalah keunggulan kamera Mirrorless yang utama. Bagaimana tidak? MILC adalah kamera digital dengan ukuran yang hampir sama dengan kamera saku atau poket pada umumnya, namun sudah menggunakan sensor yang berukuran sama dengan kamera DSLR. Selain itu, lensanya dapat diganti-ganti dan akhirnya Anda akan mendapatkan hasil gambar yang kualitasnya tidak kalah dengan DSLR. Body kamera Mirrorless benar-benar sama ukurannya dengan kamera poket, yang membedakan adalah tambahan lensa. Tambahan lensa tersebut pun agaknya tidak terlalu membuat Mirrorless tampak besar.
Tambahan sensor yang membuatnya lebih baik dari kamera Poket
Meski ukurannya hampir sama dengan kamera poket, namun yang membuatnya lebih baik adalah perangkat sensor dengan ukuran besar yang ada. Sensor yang dimiliki kamera mirrorless tersebut bisa memungkinkan Anda memotret dengan kualitas lebih baik dalam kondisi minim cahaya sekalipun atau juga memungkinkan Anda untuk melakukan kontrol lebih atas pengaturan kedalaman ruang. Kamera Mirrorless umumnya memang menggunakan sensor lebih kecil dari APSC milik DSLR, namun saat ini ada pula beberapa produsen kamera yang menyematkan APSC pada produk Mirrorless mereka. Bahkan kabar terbaru, Sony merilis Mirrorless RX1 dengan menggabungkan kekuatan sensor fullframe pada bodi.
Penggunaan fitur Live View untuk memotret
Kebanyakan orang akan menganggap ketiadaan fitur viewfinder pada Mirrorless menjadi kekurangannya karena telah hilangnya fitur mirror yang merupakan elemen utama DSLR. Namun kami rasa tidak juga, karena dengan ini pengguna tidak perlu lagi menempelkan kamera ke mata untuk bisa mengatur frame sebuah foto. Penggunanya berarti bisa bersantai untuk memotret seperti menggunakan kamera poket biasa.
Pengoperasian mudah dan setting yang sedikit
Salah satu alasan banyak orang tidak tertarik dengan kamera DSLR adalah pengoperasian yang rumit serta setting yang banyak. Jika Anda memang seperti itu, tampaknya Mirrorless cocok bagi Anda. Jika diperhatikan memang tidak banyak opsi pengaturan, baik mode pemotretan maupun opsi lain. Opsi mode pemotretan paling-paling hanya Auto, Manual, Shutter Priority, Aperture Priority dan Scene mode untuk perekaman video. Bandingkan dengan DSLR yang bisa memiliki opsi mencapai 13 mode. Kesederhanaan tombol, dial dan opsi lain inilah yang membuat Mirrorless sangat pas bagi para pemula.
Hasil gambar tidak terpaut jauh dengan DSLR
Kemampuan kamera Mirrorless untuk menghasilkan foto berformat RAW maupun JPG cukup baik. Mungkin hanya kalah sedikit dari sisi ketajaman. Selain itu, penanganan ISO, kualitas video full HD, pengaturan metering, fokus dan penggunaan mode manual pada Mirrorless hampir tidak ada bedanya dengan DSLR.
Harga yang lebih murah
Salah  satu kelebihan kamera Mirrorless yang terakhir adalah mengenai harga. Memang lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR meskipun tergantung levelnya. Beberapa Mirrorless yang cukup populer hanya dibanderol dengan harga sekitar 4-5 jutaan, seperti Nikon 1 J1, Panasonic Lumix DMC maupun Olympus E-P1. Namun jika Anda menginginkan Mirrorless dengan performa lebih, mungkin bisa di dapat pada Mirrorless dengan harga yang mencapai 15-20 jutaan.
Demikian beberapa kelebihan kamera Mirrorless, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda

No comments:

Post a Comment

Copyright zOe Production. Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *

Lighting, editing