ZOE Production

Nama alamat nomor telephone dan Whatsupp

Thursday, August 7, 2014

Virtual Set Tutorial



Chromakey atau blue screen / green screen, juga disebut color keying , color separation overlay (CSO) adalah sebuah tehnik yang digunakan dalam perfilman maupun pertelevisian, untuk mengganti warna latar belakang dengan sebuah gambar latar belakang yang lain Dengan menggunakan teknik chromakey, latar belakang dari obyek yang direkam dengan camera video bisa diganti-ganti dengan latar belakang lain yang dikehendaki. Chromakey adalah tehnik untuk menggabungkan dua gambar yang dibuat dengan camera video sekaligus, di mana sebuah warna latar belakang dari sebuah gambar dihilangkan (dibuat menjadi transparan), digantikan dengan gambar lain di belakangnya.



Untuk dapat menghilangkan latar belakang sebuah obyek yang direkam dengan camera video, maka di belakang obyek tersebut dipasang sebuah layar berwarna hijau atau biru. Kemudian dengan melalui proses composit, latar belakang berwarna hijau atau biru itu dilenyapkan dengan membuat warna tersebut menjadi sangat tipis atau transparan.
Dengan demikian jika gambar obyek yang telah tidak mempunyai latar belakang itu disatukan dengan sebuah obyek gambar lain, maka obyek gambar lain itu langsung menjadi latar belakang yang baru. Sebetulnya tidak hanya latar belakang berwarna hijau atau biru saja yang dapat digunakan dalam proses chromakey, sembarang warna solid bisa digunakan. Namun warna hijau dan biru dipilih karena tidak sama warnanya dengan manusia. Kecuali pada orang yang berwarna mata hijau atau biru. Untuk kasus orang yang bermata hijau, maka digunakan layer latar belakang biru, dan sebaliknya untuk warna mata biru, digunakan warna latar belakang hijau. Chromakey proses berdasarkan pada luminance key.

Dalam luminance key segala sesuatu dalam gambar dapat diatur tingkat kecerahannya (brightness level) dari sangat jelas, sampai menghilang (transparan) Proses chromakey biasa dilakukan dalam pertelevisian, misalnya untuk membe ri latar belakang seorang pembaca berita. seorang anchor di studio televisi biasanya membacakan berita dibelakang sebuah meja dengan latar belakang dinding.

Agar latar belakang pembaca berita tersebut lebih indah maka dilakukanlah proses chromakey, yaitu latar belakang pembaca berita diberi layar hijau atau biru. Selanjutnya setelah gambar direkam,atau dapat juga dilangsungkan secara live, latar belakang tersebut di hilangkan, ditukar dengan gambar adegan atau pemandangan yang bagus.

Teknik chromakey juga biasa digunakan dalam acara ramalan cuaca, di mana presenter ahli cuaca terlihat berdiri di depan sebuah gambar peta besar. Tapi sesungguhnya di studio presenter tersebut hanya berdiri di depan sebuah dinding latar dan lantai berwarna biru atau hijau . Jadi ahli cuaca (meteorologist) itu berdiri di depan blue screen, sementara gambar sebuah peta cuaca ditambahkan pada bagian yang berwarna biru tersebut. Peta cuaca tersebut dapat berubah-ubah ,sesuai dengan isi ramalan, dan si meteorologist seakan berada di dalam peta.

 Jika presenter tersebut memakai baju berwarna biru juga, maka bajunya akan hilang dan bertukar dengan back ground video,yaitu peta cuaca. Oleh karena itu obyek yang hendak diberi efek chromakey harus menggunakan pakaian yang tidak sewarna dengan back ground blue atau green screen.

Dalam pembuatan sinetron, teknik chromakey sering digunakan untuk membuat efek semisal : kepala manusia yang berjalan, yaitu dengan membalut si pemain yang berjalan dengan kain biru dari kaki sampai pundak, kemudian digabungkan dengan hasil rekaman video sebuah jalan di kampung. Sering juga di buat efek orang terbang di antara awan, dengan cara menengkurapkan pemain di atas sebuah meja berlapis kain biru, kemudian digabung dengan hasil rekaman langit dan awan Untuk membuat latar belakang (blue atau green screen) dapat digunakan kain, cat tembok (jangan yang gloss) atau kertas. Usahakan menggunakan warna hijau atau biru yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Pencahayaan
 Dalam penggunaan teknik chromakey, pencahayaan banyak menentukan keberhasilan atau kegagalan. Cahaya yang sampai ke screen (blue atau green) harus merata dengan intensitas yang secukupnya. Hindari menempatkan lampu yang disorotkan kearah obyek di depan screen, karena akan menimbulkan bayangan,sehingga hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk menghasilkan cahaya yang lembut dan merata, biasa digunakan plastic film untuk memantulkan atau melunakkan cahaya dari lampu.

 Software
 Untuk melakukan proses chromakey, sebetulnya setiap software digital editing dapat digunakan, namun software Pinnacle cukup lumayan mudah penggunaannya.

No comments:

Post a Comment

Copyright zOe Production. Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *

Lighting, editing